Tentang Kami

Logo Transparan Situs Indonesia Volunteering Hub

Slogan/Tagline

Bersama Memberi tanpa Pamrih (Previous)
Mainstreaming Volunteerism to Indonesian Youth

Introduksi

Inisiasi Indonesia Volunteering Hub (IVH) dilatarbelakangi oleh beberapa pengalaman kesukarelawanan yang pernah dilakukan oleh para inisiatornya. Dapat dikatakan bahwa menjadi “Relawan Sosial” sejatinya merupakan sebuah aktivitas yang mulia dan dibutuhkan keberadaannya dalam kehidupan ini. Kami rasa, tanpa menjelaskan panjang lebar mengenai makna kesukarelawanan itu sendiri, teman-teman sudah memahaminya.

Menurut pandangan kami, perlu untuk meningkatkan motivasi kesukarelawanan pemuda demi menciptakan empati terhadap masalah sosial yang ada di dunia ini, khususnya yang terjadi di dalam negeri tercinta kita, Indonesia. Sehingga masalah tersebut dapat dicegah, ditanggulangi atau bahkan dihapuskan. Semangat ini bisa ditularkan melalui informasi dari media, kampanye, seminar, pelatihan, saling berbagi kisah inspiratif dari dan/atau antar Relawan, pemberian penghargaan maupun turun ke lapangan secara langsung bersama.

Relawan sebagai manusia perlu diperlakukan sebagai manusia pula. Salah satu kebutuhan manusia adalah pengembangan kapasitas. Sebagai konseptor dan praktisi yang terjun langsung ke masyarakat, baik melalui Lembaga Swadaya Masyarakat/Non Governmental Organization (LSM/NGO), Non for Profit Organization (NFPO), komunitas sosial atau kesukarelawanan secara spontan, Relawan atau seseorang yang baru ingin menjadi Relawan perlu mendapatkan pelatihan guna meningkatkan pengetahuan dan keterampilan untuk menjalankan tugasnya. Hal tersebut dapat berupa pelatihan komunikasi, kepemimpinan, marketing society, fundraising, manajemen dan lain sebagainya. Sehingga Relawan atau calon Relawan tersebut bisa berkontribusi melalui waktu, tenaga, pengetahuan, keterampilan dan bahkan bantuan finansial secara maksimal sesuai batas kemampuan dirinya.

Kini masyarakat Indonesia khususnya pemuda cukup menunjukkan antusiasme mereka untuk aktif dalam dunia kesukarelawanan. Jumlah pemuda yang ternyata telah mengabdi sebagai Relawan di tiap daerahnya juga tergolong tinggi. Untuk itu, kami berharap dapat mempertemukan mereka paling tidak misalnya dalam satu kota. Sehingga persaudaraan mereka sebagai sesama Relawan akan makin erat, dapat berbagi ilmu dan pengalaman juga memungkinkan untuk berkolaborasi, bahkan membangun lembaga atau komunitas sosial baru secara bersama-sama. Sehingga, mereka bisa membentuk peluang positif lain untuk memperluas pelibatan pemuda di lingkungan masyarakat.

Jumlah lembaga dan komunitas sosial sangat banyak tersebar di setiap penjuru dunia, termasuk di Indonesia. Namun sayangnya, belum ditemukan daftar list yang update untuk kemudahan memperoleh rangkuman informasi. Salah satunya adalah informasi ketika lembaga dan komunitas sosial atau gerakan siaga bencana (yang sifatnya tiba-tiba) membutuhkan Relawan dan ketika pemuda Indonesia ingin mendapatkan informasi peluang untuk menjadi Relawan. Maka daripada itu, dibutuhkan database lembaga dan komunitas sosial di Indonesia berdasarkan kategori atau wilayah tertentu yang memungkinkan mereka berkontribusi disana sebagai Relawan.

Pendek kata, IVH merupakan platform yang bertujuan untuk memberikan kesadaran kepada pemuda Indonesia agar bersedia menjadi Relawan (Volunteer), baik dalam skala lokal, nasional maupun internasional.

IVH memiliki visi, yaitu menjadi wadah pemberdayaan, komunikasi dan apresiasi terhadap Relawan Indonesia serta menjadi pusat informasi kegiatan sosial kemasyarakatan yang membutuhkan Relawan.

Misi dari IVH, antara lain :

  1. Meningkatkan semangat kesukarelawanan pada masyarakat Indonesia, khususnya pemuda;
  2. Meningkatkan kapabilitas Relawan;
  3. Menyatukan Relawan-relawan yang ada di Indonesia;
  4. Menghubungkan lembaga dan komunitas sosial dengan Relawan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Silakan unggah foto