Puncak Perayaan International Volunteer Day 2015 for Indonesia

Harinya para Volunteer sedunia pun tiba! Pada hari Sabtu, 5 Desember 2015 terselenggara acara puncak peringatan International Volunteer Day 2015 for Indonesia di Gedung Sertifikasi Guru Lt. 8 Universitas Negeri Jakarta (UNJ). Hadir 105 peserta yang terdiri dari Finalis Lomba Blog Kesukarelawanan, mahasiswa/i Jurusan Pendidikan Luar Sekolah Fakultas Ilmu Pendidikan UNJ dan perwakilan komunitas dengan kerja-kerja kesukarelawanan. Indonesia Volunteering Hub (IVH) berhasil menjalankan salah satu misinya, yaitu menyatukan Relawan-relawan yang ada di Indonesia dalam acara tersebut.

Rangkaian International Volunteer Day 2015 for Indonesia sudah dimulai sejak tanggal 9 Nopember 2015, yaitu dengan adanya Lomba Blog Kesukarelawanan. Peserta menuliskan pengalaman kesukarelawanan baik yang pernah atau sedang dilakukan guna menginspirasi para pembaca agar mau jadi Relawan. “Kebanyakan orang memilih mencari referensi suatu hal dengan berselancar di internet. Sehingga, apabila ada orang yang ingin mencari tahu tentang kesukarelawanan, pengguna internet bisa menemukan tulisan para peserta lomba blog dan terinspirasi untuk berbuat sesuatu juga di lingkungannya” ujar Putri Agustina, Founder Team of IVH. IVH sangat mengapresiasi para peserta Lomba Blog Kesukarelawanan.

Cevi Agis Firmansyah, Founder Team of IVH turut mensosialiasikan Lomba Blog Review yang dapat disubmit melalui website www.ivh.or.id pada tanggal 6 hingga 27 Desember 2015.

Puncak acara dipandu oleh Dea Salsabila Amira, inisiator Uniting as One. Rangkaian acara yang diselenggarakan adalah Talkshow of Volunteerism dengan tema “Civic Engagement through Youth Volunteering Opportunity”. Panelis yang hadir antara lain Ibu Yeni Dwi Mulyaningsih, Vande Leonardo, Raden Dicky Dermawan dan Unggul Sagena. Gelar wicara tersebut dimoderatori oleh Palupi Mutiasih, perwakilan Community Development Universitas Negeri Jakarta (ComDev UNJ). Bapak Drs. Syafril, M.Si selaku Kepala Bidang Kesukarelawanan Kementerian Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (KEMENPORA RI) juga turut hadir dan memberikan testimoninya.

Dalam kesempatan yang sama, E-book #BerbahagiACT juga di-launching oleh inisiatornya, yaitu Nike Nadia. E-book tersebut dapat diunduh secara gratis melalui bit.ly/ebookberbahagiact.

Sebelum pengumuman pemenang, Top 10 Lomba Blog Kesukarelawanan yang hadir mendapat merchandise berupa pembatas buku dan sticker dari #BerbahagiACT Project.

Sampailah kepada sesi yang ditunggu-tunggu, yaitu pengumuman dan penganugrahan pemenang Lomba Blog Kesukarelawanan. Sesuai visinya, IVH berusaha mengapresiasi Relawan Indonesia melalui kompetisi ini. Para pemenang masing-masing mendapatkan uang tunai Rp 750.000, Rp 500.000 dan Rp 250.000. Selain itu, para pemenang mendapatkan paket berlangganan Harian Kompas selama 2 bulan dan sertifikat apresiasi. 2 orang pemenang favorit masing-masing mendapatkan merchandise berupa sebuah tas dari PT Bank CIMB Niaga, Tbk Ayo Menabung dan Berbagi, paket souvenir dari #BerbahagiACT Project dan sertifikat apresiasi. Berdasarkan penilaian konten dan aspek SEO, Dewan Juri yang terdiri dari Putri Agustina, Cevi Agis Firmansyah dan Nike Nadia menetapkan :

Juara 1 Andi Nurdiana (Sang Motivator itu, Malaikat tak Bersayap)

Juara 2 Sitti Ghaliyah (Bukan Sekadar Perjalanan : Bertemu Cikgu Lela Sang Patriot Pahlawan Bangsa)

Juara 3 Meka Nitrit Kawasari (Ketika Mimikri menjadi Jalan)

Juara Favorit Nurfike Hasanah dan Lestari Wulandari berdasarkan LIKE di Facebook

Acara ini didukung oleh Kementerian Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (KEMENPORA RI)PT Bank CIMB Niaga, Tbk Ayo Menabung dan Berbagi, Universitas Negeri Jakarta (UNJ)#BerbahagiACT ProjectCommunity Development Universitas Negeri Jakarta (ComDev UNJ) dan Uniting as One.

Komunitas dengan kerja-kerja kesukarelawanan tentunya juga mendukung acara ini, antara lain Komunitas Bule Mengajar, Center for Indonesian Medical Students’ Activities (CIMSA), Gerakan Senyum Kapuas, God’s Servant Foundation, Green Generation, Komunitas Taufan, Koalisi Pemuda Hijau Indonesia (KOPHI), Relawan TIK, Sobat BudayaVolunteer Doctors dan Volunteerism Teaching Indonesian Children (VTIC) Foundation.

Penyebarluasan informasi acara inspiratif ini dibantu oleh AboutTNG, AKUMARU.com, BPRS ERA FM UNJ, Kompas MuDA, Kompetisi Indonesia, Media Mahasiswa, Radio Pemuda FM, Seputar EventStudentJob dan Majalah Speak! Empowering the Youth of Indonesia.

Terima kasih kepada 10 Volunteer tangguh, Haria, Wildan, Meli, Tren, Irsyad, Meilinda, Billy, Son, Hendra dan Rara 😀

Semoga partisipasi anak muda sebagai agen perubahan di masyarakat dengan menjadi Volunteer semakin meningkat. #ProudtobeVolunteer #IVD2015

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Silakan unggah foto