Pelatihan Siaga Bencana bersama Organisasi Pemuda Relawan Indonesia

Pemuda Relawan Indonesia (PRI), organisasi yang terbentuk dari forum Kemah Pemuda Relawan Indonesia di Cibubur tahun 2014 ini terus berkomitmen untuk membentuk jiwa kesukarelawanan pemuda Indonesia. Salah satu bidang yang ditekuni organisasi ini ialah siaga bencana. Pada hari Sabtu s.d Minggu, 12 s.d 13 Desember 2015 PRI dengan dukungan dari Kementerian Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (KEMENPORA RI) mengadakan Workshop Pemuda Relawan Siaga Bencana di Cikidang, Sukabumi, Jawa Barat.

Kak Putri (Founder Team of IVH) bersama Bang Komarudin (Ketua PRI) dan Bapak Ismail

Kepala Bidang Kesukarelawanan KEMENPORA RI, Drs. Syafril, M.Si, yang mewakili Asisten Deputi Kepeloporan Pemuda membuka acara yang diikuti oleh sekitar 50 orang peserta. Setelahnya, kegiatan diisi dengan diskusi oleh Bapak Dingot Hamonangan Ismail Al Faruqi, M.Si tentang “Manusia Super Bahagia” yang sangat memotivasi para peserta. Kata Beliau, Manusia yang super bahagia salah satunya adalah Relawan yang memberikan manfaat bagi banyak orang di lingkungannya. Kak Putri Agustina, Founder Team of Indonesia Volunteering Hub (IVH) yang diundangan khusus juga diperkenalkan oleh Pak Ismail kepada seluruh peserta sebagai penggerak kesukarelawanan.

Acara dilanjutkan dengan sesi perkenalan dan sharing antar peserta. Masing-masing peserta menjelaskan minat dan pengalamannya dalam kegiatan kesukarelawanan. Terlihat banyak potensi yang luar biasa dari masing-masing peserta. Berharap, PRI bisa menjadi rumah besar bagi generasi muda yang berkiprah pada dunia kesukarelawanan.

source : W. Suratman

Pelatihan Water Rescue, juga Rafting dan simulasi penyelamatan korban hanyut dilaksanakan di Sungai Citarik, Sukabumi, dengan narasumber dan pelatih dari Tim Disaster Management Center (DMC) Dompet Dhuafa. Sebelumnya, para peserta diberikan materi presentasi untuk menjadi bekal pada sesi ini. Tujuannya, pengalaman ini dapat berguna ketika nantinya peserta terjun di tengah-tengah masyarakat, apalagi ketika terjadi bencana banjir di sekitar tempat tinggalnya. Karena niat menolong saja dalam kondisi bencana itu tidak cukup, melainkan harus punya bekal keahlian tertentu untuk menjadi Relawannya.

3 thoughts on “Pelatihan Siaga Bencana bersama Organisasi Pemuda Relawan Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Silakan unggah foto