Organisasi Kerelawanan, Tolak Ukur Partisipasi Masyarakat

Beberapa waktu yang lalu, pembicaraan di akun-akun media sosial saya sempat didominasi oleh topik tentang Indonesian Citizens Summit (ICS) 2015. Penasaran, saya mencari informasi lebih detail tentang acara tersebut dan akhirnya cukup terkejut begitu mendapati beberapa nama organisasi yang saya kenal ada di daftar undangan, termasuk Indonesia Volunteering Hub (IVH). Ada beberapa kawan saya yang lain, yang ternyata juga akan menghadiri acara tersebut sebagai perwakilan dari komunitasnya masing-masing.

Dari website penyelenggara, Kreanovator Indonesia, saya akhirnya mendapatkan informasi bahwa Indonesian Citizens Summit 2015 yang digelar pada tanggal 13 Juni 2015 di Universitas Indonesia tersebut merupakan pertemuan pertama dan terbesar para pelaku perubahan di Indonesia, yang dihadiri oleh sepuluh CEO, dua puluh tokoh profesional, dua puluh pemimpin pemerintah, seratus pemimpin organisasi non profit, serta lima ratus orang inovator, kreator, dan investor inisiatif sosial se-Indonesia.

Melihat begitu banyaknya organisasi yang diundang ke ICS – padahal saya tahu sedikit saja di antaranya – hanya ada satu kata yang melintas di benak saya saat itu: WOW!

Tidak bisa dipungkiri, menurut saya hal ini sangat menarik. Menjamurnya organisasi-organisasi seperti ini mengisyaratkan tingginya partisipasi masyarakat untuk ikut serta terlibat aktif demi perubahan bangsa ke arah yang lebih baik, mengindikasikan bahwa ternyata banyak sekali orang-orang yang mau berupaya penuh membantu pembangunan di berbagai bidang. Dan… ya, saat itu juga rasanya saya seperti ditampar, diingatkan untuk melakukan hal yang sama. Melalui apa yang saya bisa, tentunya.

Di negara berkembang seperti Indonesia, adanya organisasi-organisasi kesukarelawanan seperti ini tentu akan sangat membantu proses pembangunan di sektor-sektor tertentu yang mungkin belum tertangani secara maksimal oleh pemerintah.

Dan organisasi-organisasi seperti ini membutuhkan Relawan. Membutuhkan sumbangsih dari orang-orang berdedikasi tinggi yang mau peduli dan dengan tulus hati menyumbangkan tenaga, waktu dan pikiran. Membutuhkan kita semua sebagai agen perubahan.

Jadi, tunggu apa lagi? Jadilah Relawan untuk Indonesia!

“Never doubt that a small group of thoughtful, committed citizens can change the world; indeed, it is the only thing that ever has.” – Margaret Mead

Oleh Asti Putri Alfasani
Klik disini untuk melihat profil penulis

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Silakan unggah foto