Indonesia Volunteering Hub #IkutGerak Kerja Bakti Hari Peduli Sampah Nasional 2016 Bebas Sampah 2020

Indonesia Bebas Sampah 2020Waktu yang ditunggu-tunggu akhirnya datang juga. Minggu, 21 Februari 2016, para Relawan dari 1.014 komunitas di 155 kota/kabupaten, pemerintah pusat, pemerintah daerah, organisasi non-pemerintah, swasta, tokoh masyarakat, artis, media dan setiap individu yang memiliki kepedulian terkait persoalan sampah bergerak bersama dalam Kerja Bakti Nasional untuk mewujudkan Indonesia Bebas Sampah 2020.

Tanggal 21 Februari diperingati sebagai Hari Peduli Sampah Nasional. Dipilihnya tanggal ini untuk mengenang tragedi longsornya Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Leuwigajah pada tanggal 21 Februari 2005. Sebanyak 143 orang tewas dan sekitar 130 rumah di Desa Batujajar Timur, Kecamatan Batujajar, Kabupaten Bandung dan dua rumah di Desa Leuwigajah, Cimahi, Jawa Barat juga tertimbun longsoran sampah dengan ketinggian mencapai 3 meter. Selain itu, ribuan ton kubik sampah juga mengubur kebun dan lahan pertanian milik warga Kampung Pojok, Cimahi Selatan.

Kini hampir 11 tahun setelah peristiwa tersebut belum ada perubahan yang signifikan dalam menghadapi persoalan sampah di Indonesia, ironisnya penelitian dari tim yang dipimpin oleh Jenna R. Jambeck dari Universitas Georgia (1 Juni 2015, http://plasticbank.org/prevent-ocean-plastic/) menyatakan bahwa Indonesia berada pada peringkat kedua dunia sebagai penyumbang sampah plastik ke laut. Hal ini menjadi salah satu bukti bahwa Indonesia tengah menghadapi kondisi “Darurat Sampah” yang harus diselesaikan bersama dalam bentuk kolaborasi.

Kerja bakti massal dilakukan secara serempak di pusat kota, desa, pelabuhan, sekolah, perumahan penduduk, rel kereta api, hutan, kawasan wisata, air terjun, pesisir pantai, sungai, saluran air, lokasi komersil, hingga gunung. Mulai dari anak-anak di tingkat PAUD (Pendidikan Anak Usia Dini) hingga lanjut usia ikut bergerak dalam Kerja Bakti Nasional 21 Februari 2016. Komitmen jangka panjang yang berkelanjutan dibacakan bersama-sama dalam Deklar­asi Indonesia Bebas Sampah 2020. Setelah itu, penimbangan sampah di berbagai wilayah juga dilakukan. Di Jakarta sendiri terdapat 7 titik kerja bakti.

Lokasi Hari Peduli Sampah 2016 di Bunderan Hotel Indonesia, Jakarta

“Upaya spontan dan prakarsa masyarakat dalam rangka Hari Peduli Sampah Nasional 21 Februari 2016 melalui kegiatan BERGERAK untuk Indonesia Bebas Sampah 2020 ini, sangat kami hargai dan dukung. Kami mendorong Pemerintah daerah provinsi/kabupaten/kota, dunia usaha, organisasi keagamaan, organisasi kemasyarakatan, lembaga swadaya masyarakat serta seluruh elemen masyarakat untuk turut berpartisipasi menyukseskan kegiatan ini,” dukung Ibu Siti Nurbaya, Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK).

Kolaborasi ribuan masyarakat Indonesia yang ikut bergerak dalam kerja bakti ini dapat dilihat dalam peta aksi di situs bergerak.bebassampah.id. Semangat tersebut tercermin dari 1.172 orang yang mengganti gambar profil di akun media sosialnya melalui twibbon dan perbincangan soal kerja bakti nasional yang memiliki serta didukung dengan tagar khusus #BebasSampah2020 yang menjadi topik paling banyak diperbincangkan (trending topic) secara nasional di twitter.

Gerakan kerja bakti nasional secara serentak bukanlah aksi perayaan, melainkan titik awal bersatunya masyarakat Indonesia yang dijadikan sebagai momentum untuk bersama-sama melakukan aksi nyata terkait permasalahan sampah. Teten Masduki, Kepala Staf Kepresidenan, menyatakan “Tingkat peradaban suatu bangsa dilihat dari bagaimana masyarakatnya memperlakukan sampah. Korea Selatan melakukan pemberantasan korupsi yang diawali dengan gerakan masyarakat membersihkan sampah. Ketika kita tidak berani lagi membuang sampah, menunjukkan bahwa kita mempunyai tanggung jawab terhadap sosial, lingkungan dan tetangga. Maka korupsi juga akan turun jika kita merasa bertanggungjawab. Oleh karena itu dengan kita mengelola sampah, kita bisa membangun kesadaran untuk kita semua, itulah revolusi mental.”

Seluruh masyarakat menyelenggarakan kegiatan secara kreatif, unik sekaligus berorientasi jangka panjang untuk menyelesaikan permasalahan sampah demi kepentingan bersama tanpa membedakan suku, agama, ras dan antar golongan. Mari secara berkelanjutan kita bergerak, saling mengawal untuk mewujudkan Indonesia Bebas Sampah 2020. #BebasSampah2020 #IndonesiaBebasSampah2020 #HSPN2016

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Silakan unggah foto