Di 13 Komunitas ini Kamu Bisa jadi Volunteer, Guys!

Minggu, 27 September merupakan hari kedua penyelenggaraan Hari Komunitas Nasional (HKN) 2015 di Roof Top Mezzanine Area Mall Kota Kasablanka, Jakarta Selatan. Tim Indonesia Volunteering Hub (IVH) sebagai salah satu komunitas yang diundang, turut menghadiri event pertemuan besar komunitas yang ada di seluruh Indonesia tersebut.

IVH berkesempatan untuk mengunjungi #BoothKomunitas yang berpartisipasi di acara HKN 2015. Dari wawancara singkat dengan para anggota komunitas, IVH menemukan 13 gerakan #ActionForNation dari komunitas sosial yang ternyata membutuhkan sumber daya Volunteer dalam kerja-kerja kebaikan mereka. Untuk mengetahui kesempatan menjadi Volunteer disana, silakan cari tahu melalui link media sosial yang tersedia dalam deskripsi di bawah ini :

1. Untuk Papua @UntukPapua

Nampaknya tagline “Langkah Nyata untuk Pendidikan di Papua” sudah cukup menjelaskan apakah sebenarnya komunitas Untuk Papua itu. Berdasarkan cerita dari Kak Agam Budi Satria, Untuk Papua merupakan sebuah bentuk keresahan hati para peserta KKN Universitas Gajah Mada (UGM) yang pernah melakukan pengabdian masyarakat di Papua, daerah sekitar Raja Ampat. Walaupun Raja Ampat adalah salah satu resort yang mempesona dan bernilai ekonomi tinggi dalam hal pariwisata, ternyata pembangunan daerah-daerah di dekatnya masih belum merata. Untuk Papua merangkai mimpinya dengan berusaha mendirikan sebuah rumah belajar untuk anak-anak Papua di setiap tahunnya. Buat mahasiswa/i UGM, pastinya bisa dengan mudah gabung di komunitas ini.

2. Sabang Merauke @SabangMeraukeID

Komunitas yang dengan gencarnya mempromosikan nilai toleransi ini berpendapat bahwa toleransi itu harus benar-benar dirasakan. Sabang Merauke mempunyai program tahunan dengan sasaran siswa-siswi SLTP daerah untuk tinggal sementara waktu di kota-kota besar. Harapannya, mereka dapat merasakan pembelajaran langsung tentang toleransi di homestay-nya masing-masing. Kamu bisa lho berperan sebagai “Kakak Sabang” di program tersebut.

3. Terminal Hujan @terminalhujan

Terminal mana yang sering hujan? Ya, terminal di daerah Bogor. Hehehe. Tepat sekali, komunitas pendidikan Terminal Hujan memang melakukan aksi-aksi kerelawanan setiap weekend dengan mengajar anak-anak di belakang terminal-terminal yang ada di daerah Bogor, salah satu contohnya di terminal Baranangsiang. Bagi komunitas Terminal Hujan, anak-anak yang kurang beruntung kehidupan ekonominya tetaplah generasi penerus bangsa dan harus mendapatkan pendidikan yang layak.

4. Gerakan Mari Berbagi @GMBerbagi

Berbagi setelah mengenal diri sendiri merupakan perjuangan dari Gerakan Mari Berbagi (GMB). GMB memiliki program Youth Adventure and Youth Leaders Forum yang memberikan kesempatan kepada para pemuda/i untuk mengenal diri sendiri lebih mendalam dengan berbagai aktivitas, termasuk membangun jejaring sesama para pemimpin muda inspiratif. Kamu bisa menjadi salah satu pemuda/i yang berkesempatan menjelajahi daerah di Indonesia bahkan luar negeri, lho melalui program GMB ini.

5. Jendela Jakarta @JendelaJakarta

Berawal dari sebuah gerakan literasi di Yogyakarta, yaitu Ini Jendela. Kini Komunitas Jendela juga berada di Jakarta dengan nama Jendela Jakarta. Demi cita-cita mulianya, yaitu “prepare the reader to build the future!”, mereka bergerak agar anak-anak mencintai buku. Ada program Pohon Impian, Gerakan Cinta Buku, Back to School, Program Kakak/Orangtua Asuh, Mengenal Sejarah Lewat Museum, 1 Bulan 1 Buku dan Mobile Library. Kegiatan Jendela Jakarta setiap Minggunya berpusat di Perpustakaan Komunitas Jendela Jakarta di daerah Manggarai.

6. WIKIDPR.org @WikiDPR

Mungkin ada di antara kamu yang berkomitmen tinggi, pantang menyerah, detail oriented, punya rasa ingin tahu yang tinggi dan berharap bisa menginjakkan kaki di Gedung DPR? Jadi Volunteer di WIKIDPR.org adalah salah satu jalannya. WIKIDPR.org hadir untuk mengikuti, meliput dan memantau kinerja anggota DPR khususnya untuk memberikan pencerdasan kepada masyarakat terkait informasi calon anggota legislatif di pemilihan umum 2019. Kesempatan untuk jadi Volunteer disini tuh terbuka banget, apalagi di setiap masa sidang.

7. Berbagi Nasi Jakarta @berbaginasiJKT

Komunitas Berbagi Nasi sudah tersebar di banyak kota, salah satunya di DKI Jakarta. Apabila kamu berdomisili di Jakarta dan ingin mewujudkan rasa syukurmu dengan perantara sebungkus nasi, bisa banget untuk bergabung dengan komunitas ini. Sebenarnya Komunitas Berbagi Nasi tidak ingin selamanya beraksi, karena mereka berharap seluruh masyarakat Indonesia sejahtera. Tetapi, selama masih ada kemiskinan dan kelaparan di Indonesia, maka komunitas ini akan terus berbagi. It’s time to share!

8. Buku Bagi NTT @bukubagiNTT

Tim IVH bertemu dengan inisiator Buku Bagi NTT, yaitu seorang pemuda asli NTT bernama Wilibrodus Marianus. Wili mengungkapkan bahwa komunitas ini sudah tersebar di 10 wilayah, termasuk Hong Kong. Gerakan NTT Cinta Baca – Buku Bagi NTT merupakan inisiatif sosial yang berusaha mengajak banyak orang untuk peduli pada pendidikan di NTT melalui donasi buku. Harapan besar komunitas ini ialah membangun rumah baca dan perpustakaan pada setiap kampung di NTT. Mari bergabung membudayakan literasi :)

9. Rumah Dongeng Pelangi @rumahdongeng

Buat kamu yang selalu ingin dekat dan suka dunia anak-anak, Rumah Dongeng Pelangi dengan tangan terbuka menerimamu sebagai Volunteer. Kegiatan mendongeng oleh komunitas ini biasanya dilakukan di bangsal kanker, rumah sakit dan panti asuhan. Pasti menyenangkan deh bisa bercengkrama dengan anak-anak, ditambah lagi dengan menggunakan alat peraga yang lucu dan menggemaskan bisa bikin anak-anak senang.

10. Komunitas Taufan @KomunitasTaufan

Komunitas Taufan merupakan komunitas penggerak Relawan untuk berbagi kebahagiaan kepada anak-anak yang sakit kanker. Biasanya kegiatan dilaksanakan di bangsal-bangsal kanker. Visi dari Komunitas Taufan, yaitu mendampingi sebanyak mungkin keluarga pasien anak penderita kanker dan penyakit beresiko tinggi lainnya, agar mereka bisa mendapatkan dukungan moral, material maupun finansial dari relawan dan donatur dalam menjalani hari-hari panjang selama masa perawatan.

11. Hilo Green Community @HiLoJKT

Kamu tertarik pada isu lingkungan? Apabila kamu berdomisili di sekitar Jakarta, kamu bisa bergabung sebagai anggota dari Hilo Green Community Jakarta. Di booth komunitas ini juga ada green games yang seru deh, Tim IVH jadi mendapat pembelajaran tentang limbah apa saja yang ternyata sulit hancur. Oh ya, Hilo Green Community Jakarta juga sering mengadakan event-event tentang lingkungan gitu, ada call for Volunteer-nya juga :)

12. KeMANGTEER Jakarta @KeMANGTEERJKT

KeMANGTEER adalah komunitas Relawan mangrove Indonesia, yang Tim IVH temui adalah KeMANGTEER Jakarta. Berdasarkan info dari website komunitas ini, mangrove membutuhkan relawan mangrove KeMANGTEER di tiap kota, karena 80% lebih, hutan mangrove di Indonesia telah rusak. Ini merupakan salah satu bencana ekologis terbesar di bumi, karena Indonesia memiliki 40% dari total hutan mangrove yang ada di dunia. Buat kamu yang peduli pada isu ini, silakan gabung! Kampanye yang dibuat menampar kita semua agar peduli Mangrove.

13. StudentsxCEOs @StudentsxCEOs 

Ini komunitasnya para pelajar yang mau menjadi CEO di masa depan. Dengan tagline “Learn, Share and Impact” StudentsxCEOs banyak melakukan kegiatan penambahan kapasitas dan belajar dari para CEO beneran. Ilham PR-nya StudentsxCEOs kasih tahu kalau komunitas ini sering mengadakan event-event besar yang juga merekrut Volunteer.

3 thoughts on “Di 13 Komunitas ini Kamu Bisa jadi Volunteer, Guys!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Silakan unggah foto